Minggu, 17 April 2011

RASULULLAH S.A.W. DAN PENGEMIS YAHUDI BUTA

Tolong kalo ada yang pernah dengar riwayat ini, kalo ada kata yang salah itu adalah kesalahan karena aku hanya manusia yang nista mohon diingatkan dan dikoreksi...kalo cerita ini benar seperti adanya, adalah karena Rabb memberikan anugerah ingatan kepada hambanya ini...,
Alkisah setelah sepeninggal Rasul pada jaman khalifah Abu Bakar ra, diceritakan bahwa Khalifah menanyakan kepada putri beliau yang juga istri Rasul ( siti aisyah ), adakah amalan Rasul yang belum beliau kerjakan? aisyah menjawab, sudah semua, tapi khalifah bertanya sekali lagi karena belum yakin atas jawaban putrinya itu, coba kamu ingat-ingat lagi putriku!Amalan apa yang pernah dilakukan Rasul tapi belum aku lakukan? Aisyah berpikir sejenak dan mengatakan bahwa ada satu kebiasaan Rasul yang belum dilakukan oleh khalifah, yaitu Rasul dulu sering menyuapi makan orang yahudi buta yang ada di ujung pemukiman dengan tangan Rasul sendiri, dan keesokan harinya khalifah coba melakukan hal yang sama.
Sampai di tempat yahudi buta itu beliau coba untuk melakukan hal tersebut, ternyata yahudi yang biasa disuapi Rasul tersebut adalah orang yang sangat benci terhadap Rasul, bahkan umpatan-umpatan yang yahudi itu keluarkan seolah yahudi itu ingin sekali membunuh Rasul.
Bahkan sambil disuapi yahudi itu tak henti-hentinya menghina, marah serta mengumpat Rasul,
Khalifah selalu menahan amarah saat yahudi itu megeluarkan kata-kata yang menghina Rasul, tapi terbersit tanya dalam benak khalifah " berarti selama ini Rasul tidak pernah memperkenalkan diri kepada yahudi ini?". Apa sebenarnya maksud yang ingin disampaikan Rasul dibalik semua ini?
Yahudi itu sempat menanyakan beberapa pertanyaan kepada beliau itu, "siapa sebenarnya engkau dan kemana orang yang biasa menyuapiku?".
Khalifah sempat kaget atas pertanyaan itu, karena yahudi itu buta, dan khalifah bertanya balik kepada yahudi itu "bagaimana engkau bisa tau kalau bukan aku orang yang biasa menyuapimu?
Yahudi itu menjawab bahwa orang yang biasa menyuapinya selalu menyuapinya dengan lembut dan penuh kasih sayang,....dia tidak pernah menyuapi aku pada saat masih ada makanan di mulutku. Setiap suapan makanan yang masuk ke mulutku terasa sangat lembut dan penuh kasih sayang dan dia tidak pernah bertanya atas sesuatu dan mengajakku bicara pada saat aku masih mengunyah makanan (walaupun saat dia mengunyah makanan dia tak henti-hentinya menghina Rasul).
Hati khalifah luluh mendengar dan menyadari tentang apa yang telah terjadi ini, Rasul bisa tetap menyayangi sepenuh hati orang yang sangat membencinya sekalipun.
Setelah selesai makan yahudi tersebut menanyakan kepada khalifah, "apakah engkau kenal dengan orang yang biasa memberiku makan dan dimana dia sekarang?".
Khalifah menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan bahwa yang selama ini menyuapinya adalah Muhammad, yang selama ini dia benci dan selama ini dia hina dan Muhammad telah meninggal.
Yahudi itu kaget luar biasa atas jawaban itu, teringat olehnya berarti orang yang selama ini dia hina dan dia benci adalah orang yang dengan penuh kasih sayang menyuapinya, dengan penuh kelembutan memberinya makan.
Terbayang oleh yahudi itu bahwa selama ini Muhammad tetap dengan penuh kasih sayang menyuapi dia walaupun bahkan saat dia makan dia tetap menghinanya.
Dan saat itu juga yahudi itu menangis sejadi-jadinya dan dia juga mohon untuk disaksikan khalifah saat membaca dua kalimat syahadat untuk masuk agama Islam.

Ada beberapa nilai yang bisa kita ambil dari riwayat diatas, tapi salah satunya insyaAllah yaitu :
" bahwa Rasul tidak ingin niat ikhlasnya rusak kalau memperkenalkan diri kepada yahudi itu."
Sejatinya "keikhlasan" seharusnya berlaku untuk semua orang, keluarga, teman, sahabat, orang yang tidak kita kenal, musuh atau bahkan orang yang sangat membenci kita sekalipun!
Masih banyak tauladan yang masih perlu kami contoh darimu ya Rasul....!!!
Ya Rabb....hamba sangat merindukan Rasulmu....!!!
Sangat merindukannya...Ya Rabb...!!!
Ya Rabb.....semoga kebahagiaan serta salam tetap terlimpahkan untuk Muhammad dan keluarganya serta keturunannya di seluruh dunia.....!!! Amiin...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar